A. DESKRIPSI UMUM PERUSAHAAN
Aksesoris cantik dengan full color
menampilkan warna-warna yang indah dipandang. Beu-Flan Shop merupakan suatu
kegiatan usaha yang bergerak di bidang kerajinan tangan yaitu pembuatan aneka
aksesoris dari kain flannel. Beu-Flan Shop menjual berbagai aksesoris seperti
tempat pensil, dompet, dan hiasan bunga flannel.
B. VISI dan MISI
VISI:
Menjadi
perusahaan yang berkarakter dan selalu berinovasi dalam berbisnis aksesoris
kain flannel.
MISI:
- Mengutamakan kualitas
bahan baku dan produk.
- Menciptakan lapangan
kerja.
- Meningkatkan minat
konsumen dengan kreatifitas baru dalam tampilan dan bentuk produk.
C. STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN
D. ANALISIS PEMASARAN 4P (PRODUCT, PRICE, PLACE,
PROMOTION)
1) PRODUCT
credit to: itssparkling.wordpress.com |
a) Deskripsi Produk
“Beu-Flan Craft” adalah produk kain flannel yang terdiri dari tempat pensil, dompet, dan hiasan bunga flannel.
b) Kemasan produk
Kemasan produk ini menggunakan plastik berlogo Beu-Flan Shop.
c) Target pasar
Target pasar produk ini dengan meningkatkan produksi setiap 3 bulan, mulai dari 100, 120, hingga 150 unit.
2) PRICE
Harga yang akan dikenalkan dalam produk yaitu harga yang terjangkau oleh konsumen secara menyeluruh dan dengan menyesuaikan kualitas produk yang diproduksi. Sehingga produk yang ditawarkan sesuai dengan harga untuk kalangan konsumen.
Beu-Flan Case (Tempat Pensil) Rp 10.000/unit
Beu-Flan Save (Dompet) Rp 10.000/unit
Beu-Flan Flower (Hiasan Bunga) Rp 12.000/bouket.
3) PLACE
Tempat produk dipasarkan yaitu di sekitar lingkungan khalayak ramai, seperti toko, sekolah, dan kampus.
4) PROMOTION
- Menjual kepada konsumen secara langsung
- Melalui social media
- Berjualan di tempat kegiatan-kegiatan pameran
- Konsinyasi (penitipan)
E. SEGMEN PASAR
Produk ini ditujukan untuk semua
kalangan masyarakat khususnya wanita dan pelajar/mahasiswi.
F. ANALISIS SWOT
Kekuatan (Strength)
1) Simple dan
praktis dibawa kemana-mana.
2) Selain harganya
murah dan terjangkau oleh berbagai kalangan, aksesoris cantik dengan
full color
menampilkan warna-warna yang indah dipandang.
3) Banyak variasi
design.
Kelemahan
(Weakness)
Suatu
produk yang terkesan hanya untuk wanita.
Peluang
(Opportunities)
1) Model
dan karakter adalah target dalam kreasi yang akan dibuat agar terlihat menarik
untuk para konsumen.
2) Bekerjasama
dengan supplier dengan harga yang paling murah tanpa mengurangi kualitas.
3) Menambah
kapasitas produksi.
4) Memperluas
wilayah pemasaran.
Ancaman
(Threath)
1) Banyak
pesaing yang menampilkan desain gambar yang sedang booming di pasaran dan juga
bahan yang berbeda.
2) Konsumen
yang menyukai produk serupa dengan harga yang lebih murah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar